Sejarah Candi Prambanan Roro Jonggrang yang Patut Diketahui – thirdhelix.com

Berwisata ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah merupakan wisata yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Bagi mereka yang berwisata ke tempat-tempat tersebut akan mendapatkan pengetahuan seputar sejarah yang pernah terjadi pada masa lalu. Selain berlibur dan mendapatkan kesenangan tersendiri, berwisata pada tempat-tempat yang kaya akan sejarah akan menambah pengetahuan akan budaya dan kehidupan pada masa lampau. Salah satu tempat wisata yang dapat memberikan nilai-nilai sejarah Indonesia adalah Candi Prambanan. Candi yang memiliki nilai keindahan nomor wahid di asia Tenggara ini memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Sebagai salah satu candi Hindu yang ada di Indonesia, candi ini kerap digunakan sebagai tempat untuk melakukan acara-acara besar bagi agama Hindu.

8.3

Candi prambanan dibangun oleh Wangsa Sanjaya pada abad ke-9 dan memiliki tiga candi utama yaitu Candi Bahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa. Candi Prambanan sering kali dikenal sebagai Candi Loro Jonggrang. Hal tersebut disebabkan oleh legenda yang terjadi antara Loro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso yang merupakan putera dari Raja Pengging merupakan sosok yang sakti. Sedangkan kerajaan Boko yang dipimpin oleh raja berwujud raksasa memilikipatih yang amat setia kepada raja yang kejam tersebut. Sang patih ternyata memiliki seorang puteri yang amat cantik bak bidadari. Bandung Bondowoso yang tertarik dengan kecantikan Roro Jonggrang berniat untuk menikahinya. Roro jonggrang yang tidak terima atas kematian ayahnya yang diperbuat oleh Bandung Bondowoso memutuskan untuk balas dendam dengan cara menerima lamaran apabila Bandung Bondowoso memenuhi beberapa syarat yang diberikan oleh Roro Jonggrag. Roro Jonggrang menginginkan dibangun seribu candi dalam waktu satu malam. Dengan kesaktian yang dimiliki oleh Bandung Bondowoso, ia memerintahkan sejumlah jin untuk membangun 1000 candi yang diinginkan oleh sang puteri. Namun, sang puteri membuat ulah dan menyebabkan candi hanya dapat dibangun sebanyak 999 dalam semalam. Mengetahui siasat tersebut, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung.

Candi prambanan peninggalan kerajaan Mataram ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kemegahan Candi juga dikenal oleh wisatawan mancanegara yang tertarik dengan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lalu. Para wisatawan yang berkunjung ke sana pastinya akan merasa puas akan keindahan yang ditawarkan oleh Candi Prambanan. Candi yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Candi Borobudur ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kondisi ini yang kerap meyebabkan banyaknya pengunjung yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Indonesia untuk melakukan study wisata. Mulai dari anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas turut datang berkunjung ke Candi Prambanan. Untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah rakyat Indonesia, tidak ada salahnya berkunjung ke Candi Prambanan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s